Laman

Minggu, 09 Mei 2010

Thalassaemia

Thalassaemia kata ini terdengar tidak asing di telinga saya, tapi saya gak tahu pasti apa makna sebenarnya, hehe. Yang pasti berhubungan dengan suatu penyakit ajaa, tapi gak tau detailnya apa.


Yap, kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang didapat hari ini tentang thalassaemia.
Thalassaemia adalah kelainan sel darah merah yang diturunkan. Dimana sum-sum tulang baik, namun bahan baku tidak sempurna (zat besi, protein, vitamin) sehingga sel darah merah yang dibentuk mulai pecah (hemolisis).

Thalassaemia ditandai oleh animea serta pembesaran limpa dan hati. Akibat anemia yang lama dan berat, akan tampak pucat, lesu, dan mudah sakit. Jantung akan bekerja lebih berat, sehingga dapat terjadi gagal jantung yang ditandai oleh sesak napas dan pembengkakan tungkai bawah.
Untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan sel darah merah yang berkurang akibat penghancuran di atas, maka hati dan limpa turut membantu sum-sum tulang untuk membuat sel darah merah. Akibatnya terjadi pembesaran kedua organ tersebut. Sering pula limpa ikut menghancurkan sel-sel darah merah.

Apakah yang dinamakan thalassaemia minor dan mayor?
thalassaemia mayor menunjukkan gejala anemia, pembesaran hati dan limpa.Sedangkan thalassaemia minor tidak menunjukkan gejala yang berarti, selain anemia yang sangat ringan.

Cara mengobati penyakit ini adalah dengan melakukan cangkok sumsum tulang. Dengan cara ini maka jaringan sumsum tulang penderita diganti dengan jaringan sumsum tulang donor. Untuk itu diperlukan donor yang cocok. Biasanya sumsum tulang diambil dari saudara kembar atau saudara kandung penderita.

Tindakan preventiv untuk mencegah penyakit ini adalah :
Periksalah darah Anda sebelum menikah
Hal ini dikarenakan penyakit thalassaemia merupakan faktor turunan, baik yang berasal dari ayah ataupun ibu.

Keterangan lebih lanjut, hubungi :
Pusat Thalassaemia
Departemen Ilmu Kesehatan Anak
RS Cipto Mangunkusumo
Jl. Diponegoro 71
Jakarta Pusat 10430
Telp : (021) 3907744

*selamat hari thalassaemia
9 May 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar